Catat Sejarah, Banten Raih Juara Umum MTQ Nasional NTB

Diposkan oleh On 8/06/2016 06:18:00 PM with No comments

Serang, bantencom - Mataram- Provinsi Banten mencatatkan sejarah baru dalam perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat nasional. Pasalnya kafilah Provinsi Banten dikabarkan sukses meraih juara umum MTQ Nasional di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat tahun 2016.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Gubernur Banten Rano Karno.
Kepastian informasi tersebut didapatkan Gubernur dari Ketua Kafilah Provinsi Banten Syibli Sarjaya yang melaporkan hasil seluruh lomba kepada Sekda Banten Ranta Suharta. "Pak Sybli memberikan kabar kepada Pak Sekda dan Pak Sekda memberikan kabar lagi kepada saya. Alhamdulillah pada hari ini perkenankan saya menyampaikan kabar menggembirakan kepada seluruh masyarakat Banten. Setelah penantian panjang bertahun-tahun mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki sebelumnya, alhamdulillah, tahun ini Banten berhasil merebut Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat," kata Gubernur Banten, Sabtu (6/8/2016) pagi.

Mendapat informasi tersebut, Gubernur mengaku akan segera ke bertolak menuju Lombok, NTB untuk persiapan mengikuti proses pemberian penghargaan dan sekaligus penutupan rangkaian kegiatan MTQ Nasional XXVI yang akan ditutup oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

"Ini adalah sejarah perjalanan panjang, selama Kafilah Banten mengikuti MTQ baru kali ini kita meraih juara umum. Tentu ini kita harus sikapi dengan syukur dan menjadi semangat untuk terus membenahi diri," katanya

Hal yang perlu dimaknai dari kegiatan tersbut, Kata Gubernur justru spirit "Iqra" atau membaca Qur'an. "Bahka bacaan atau 'iqra' itu menjadi tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

Gubernur juga menyebutkan, berdasarkan hasil rekapitulasi rangking terbaik MTQ Nasional, Banten memperoleh nilai tertinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya. Kafilah Banten meraih nilai 56 karena menepatkan 6 orang diperingkat pertama dengan nilai 30, 6 orang diperingkat kedua dengan nilai 18 dan 8 orang diperingkat ketiga dengan nilai 8.

"Kita mengunguli DKI Jakarta yang hanya meraih nilai 41 dan Kepulauan Riau dengan nilai 39," sebut Gubernur

Biro Kesra Provinsi Banten Irvan Santoso yang dihubungi pagi ini juga membenarkan kabar tersebut. Irvan menjelaskan bahwa pengumuman resmi hasil MTQ Nasional baru akan diumumkan pada malam nanti sekira pukul 19.30 WIB. Kendati demikian, official dari Kafilah Provinsi Banten sudah melakukan perhitungan cermat terhadap semua cabang lomba.

Hasilnya, Kafilah Provinsi Banten menyabet juara pertama pada enam bidang lomba yakni Tartil Qur'an Putra, Tafsir Qur'an untuk Bahasa Arab Putra, Tafsir Qur'an untuk Bahasa Indonesia Putra, Tahfidz 20 Juz Putra, Syarhil Qur'an, dan Qiroat Sab'ah Perempuan.

"Kami sudah melakukan perhitungan sampai seluruh perlombaan selesai malam tadi sekira jam setengah satu. Ada lima finalis dari Banten. Hasilnya meski pada lima mata lomba tersebut Banten hanya dapat juara tiga, secara keseluruhan Banten unggul dari provinsi lain," kata Irvan melalui sambungan telpon, Sabtu (6/8/2016).

Kafilah lain yang menjadi saingan berat bagi Kafilah Banten, yakni DKI Jakarta. Di susul oleh Kepulauan Riau dan tuan rumah NTB. Sebelumnya, pada perhelatan bergengsi dua tahunan ini, Kafilah Banten sempat mendapat label "spesialis runner up" karena selalu berada pada juara dua.

Pada MTQ Nasional tahun 2014 lalu yang dihelat di Kepulauan Riau, Banten menduduki posisi kedua. Kemudian pada MTQ Nasional tahun 2012 yang dihelatdi Ambon, Banten juga harus puas di posisi kedua. Bahkan ketika Provinsi Banten menjadi tuan rumah pada 2008 silam, juga menduduki posisi kedua.

"Makanya kita terkenal dengan sebutan 'spesialis runner up' tapi allhamdulillah tahun ini kita juara umum," kata Irvan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »